Senin, 28 Maret 2011

SIFAT TAWADHU' YANG SEBENARNYA

BISMILLAH

Tawadhu' artinya merendahkan diri kepada ALLAH SWT dan tidak merasakan segala usaha yang ia capai adalah berkat kerja kerasnya sendiri melainkan adanya pertolongan ALLAH yang diyakini dalam hati,bahwa segala kemudahan semata mata berkat ALLAH SWT.


Orang yang tawadhu' bukan berarti ia merasa telah mengalah dan merendahkan dirinya kepada manusia,tetapi orang tawadhu' ialah bila ia berbuat sesuatu merasakan dirinya belum layak mendapatkan kemudahan hidunya


Tawadhu' sangat berlawanan dengan sifat takabur.IMAM Abu Yazid,berkata;selama orang itu merasakan orang lebih jahat dari darinya.maka dia termasuk orang yang sombong.


Orang orang yang bersifat tawadhu' atau merendahkan diri kepada ALLAH SWT,akan diangkat ALLAH derajatnya yang lebih tinggi serta kemuliannya sebagaimana RASULULLAH SAW,telah menerangkan dalam hadistnya beliau bersabda; wahai umatku,barang siapa bersifat tawadhu'niscaya diangkat ALLAH SWT dengan sifat kemulian.

Oleh karna itu siapa yang merasaka dirinya berharga,merasa paling benar,merasa kaya,merasa alim,merasa paling pintar,tetapi mengaku dirinya tawadhu'maka orang itu sombong,kelak ia akan mendapatkan kehinaan didunia dan akhirat....


Dari kutipan diatas saya mengajak diri saya dan yang membaca untuk bersifat tawadhu' didalam hidup ini...diberikan ALLAH SWT kekuatan dalam menjalani hidup ini dengan tawadhu' seperti diajarkan RASULULLAH SWT...YA ALLAH ampunkanlah kami yang penuh dosa kepadamu...kuatkanlah diri dan hati ini untuk selalu ingat bahwa enkaulah YA ALLAH SWT YANG MAHA SEMPURNA. (I.A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar